Minggu, 14 Juni 2009

CARA MENGGUNAKAN FUNGSI VLOOKUP




Fungsi Vlookup merupakan fungsi bantuan references memungkinkan kita
untuk mengambil beberapa data dari tabel lain sabagai referensi / patokan. Fungsi Vlookup dipakai untuk
menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal.


Langkah-langkahnya:
1.Bukalah Microsoft Excel dan buatlah dahulu tabel data yang akan menjadi patokan.

2.Letakkan pointer pada kolom Nama pada Daftar Peminjaman Buku dan sejajar dengan baris No.18.

3.Pilihlah menu insert, kemudian click function.


4. Pada kotak dialog Insert Function, pilihlah menu Lookup & Reference pada menu Or Select a Category. Kemudian pilihlah menu VLOOKUP pada Select of Function


5.Pada kotak dialog Function Argumens, isikan nilai berikut :
Lookup_value  A18
Maksudnya A18 adalah kolom dimana kita akan mengisikan data yang menjadi keyword
Table_array  $A$8:$D$12
Tabel yang menjadi patokan data baru kita adalah tabel yang dimulai dari A8 sampai dengan D12, adapun tanda ”$”adalah untuk mengunci agar data tetap terkunci meskipun diterapkan pada Lookup_value yang berbeda
Col_index_num  2
Kolom yang menjadi patokan hasil dari data keyword yang kita masukkan
Range_lookup  0
“0” berarti false yang artinya system data hasil sama persis (permanent) seperti data patokan. “1” berarti true yang artinya system data hasil tidak sama persis (biasa digunakan pada data yangmemiliki ketentuan nilai antara) seperti data patokan.



6. Copylah rumus pada kolom B18 dengan cara meletakkan pointer pada sisi kanan bawah kolom sampai pointer berubah menjadi +, lalu tariklah ke bawah sampai pada akhir data yang dikehendaki, kemudian lepaskan.


7.Berikutnya letakkanlah pointer pada D18 lalu masuklah kembali pada kotak dialog Function Argument, kemudian masukkan rumus sebagai berikut:



8.Copylah rumus pada kolom D18 dengan cara meletakkan pointer pada sisi kanan bawah kolom sampai pointer berubah menjadi +, lalu tariklah ke bawah sampai pada akhir data yang dikehendaki, kemudian lepaskan.


9.Berikutnya letakkanlah pointer pada F18 lalu masuklah kembali pada kotak dialog Function Argument, kemudian masukkan rumus sebagai berikut:



10.Copylah rumus pada kolom D18 dengan cara meletakkan pointer pada sisi kanan bawah kolom sampai pointer berubah menjadi +, lalu tariklah ke bawah sampai pada akhir data yang dikehendaki, kemudian lepaskan.


11.Kemudian masukkanlah data-data NIM dan Kode Buku, maka secara otomatis kolom Nama, Perihal, judul akan terisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar