Kebanyakan orang membuat surat undangn melalui cara lama yaitu langsung menulis undangannya kemudian di print satu-persatu. Lalu bagaimana jika membuat surat undangan secara massal yang ditujukan untuk banyak orang?????
Maka dari itu, di sini akan kami jelaskan bagaimana cara yang benar unuk membuat surat undangan agar lebih praktis dan lebih efisien melalui OpenOffice.org 2.3.
Langkah-langkah:
1. Buka OpenOffice.org 2.3, kemudian buat surat terlebih dahulu.
2. Klik menu tools seperti pada gambar
3. Kemudian pilih Mail Merge Wizard
4. Kemudian akan terlihat beberapa pilihan, seperti gambar di bawah ini. Tapi anda bisa memilih “create a new document” untuk membuat dokumen surat baru.
5. Ketika anda disuruh untuk memilih tipe dokumen seperti di bawah ini, maka pilihlah “letter” sebagai tipe dokumen yang akan anda gunakan.
6. Maka akan muncul tampilan seperti ini, kemudian klik “Select Address List”.
7. Maka kan muncul tampilan seperti di bawah ini kemudian anda bisa klik “create”.
8. Setelah itu klik “customize”, dan akan muncul tampilan seperti ini.
9. Kemudian “delete” data-data yang tidak diperlukan nanti pada saat akan membuat surat. Pilih data-data yang sekiranya diperlukan saja dan ubah namanya menggunakan “rename”.
10. Kemudian akan muncul kotak seperti di bawah ini, dan isi dengan menggunakan data siapa orang yang akan anda kirimi surat undangan. Kemudian klik new jika akan membuat data orang lainnya, dan seterusnya hingga semua data yang akan anda kirimi.
11. Setelah itu akan muncul kotak seperti dibawah ini, kemudian hilangkan tanda “cek” pada kotak untuk menampilkan “create salutation”.
12. Setelah itu akan muncul sebuah tampilan lagi seperti ini, kemudian hilangkan tanda cek pada “create salution” untuk menampilkan tampilan selanjutnya.
13. Kemudian akan muncul beberapa pilihan, dan anda pilih “save, print or send”, kemudian akan memunculkan tampilan selanjutnya, dan anda pilih “save merge document”. Dan klik finish setelah anda membuka kotak “personalize document”.
14. Untuk mengisikannya pada surat, drag dan Drop-lah masing-masing kolom field pada bagian surat sesuai dengan posisinya masing-masing seperti pada gambar dibawah ini.
15. Untuk mencetak pada dokumen master yang sudah digabung dengan field-field tabel database, klik menu File → Print.
16. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini, kemudian pilih “file”, dan klik “save a single document”, kemudian simpan file dengan nama yang anda inginkan, kemudian klik “ok”.
17. Setelah itu, surat yang anda inginkan, telah selesai dibuat dengan menggunakan cara yang mudah.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar